Senin, 14 Januari 2008

Peran Kader dan Masyarakat dalam Proses Pembangunan Kota Depok

Kader da’wah lillah yang berada dalam hizb keadilan sejahtera, sudah saatnya kita turut serta meningkatkan perhatian dan kerja pada kota depok, khususnya kecamatan sawangan yang kita cintai ini. Sebagai satu bentuk upaya kepedulian, mengoptimalisasikan dan mengurangi tindakan yang merugikan masyarakat. Ada beberapa proses kerja yang kita dituntut untuk terlibat didalamnya :
1. Perencanaan pembangunan ditingkat kelurahan, kecamatan dan kota. Berdasarkan surat edaran mentri dalam negeri perihal pedoman penyelenggaraan forum koordinasi pembangunan partisipatif bulan mei 2003, masyarakat dituntut untuk terlibat dalam proses perencanaan pembangunan fisik dan non fisik ditingkat kelurahan dimana mereka tinggal dan ditingkat kecamatan hingga tingkat kota. Ditingkat kelurahan dinamakan musranbangkel (musyawarah pembangunan kelurahan) dengan peserta musyawarah : tokoh masyarakat, rt/rw, lurah, LPM, PKK, karang taruna, kelompok masyarakat dan organisasi masyarakat dan dunia usaha. Out put dari musyawarah tersebut berupa daftar usulan kegiatan seperti fisik, yaitu perbaikan dan pengaspalan jalan, pembangunan drainase, dll.
2. Pelaku pembangunan atau pelaksana pembangunan. Dengan menjadi anggota LPM ditingkat kelurahan, koordinasi pembangunan dikelurahan selalu melibatkan lpm, bahkan untuk pembangunan dibawah 50 juta pelaksanannya adalah LPM. Atau menjadi pengusaha atau pelaku ekonomi yang mendapatkan bantuan seperti koperasi atau yang lainnya dan pengusaha yang mendapatkan tender pembangunan.
3. Pengawas pembangunan, masyarakat berhak dan berkewajiban melaporkan segala temuan yang merugikan kepada yang berwenang. Seperti anggota dewan atau kepolisian.
Mari kita kuatkan niat dalam jihad ini, bekerja sama hingga tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan, bersabar karena mereka yang dzolim tidak akan tinggal diam, istiqomah karena ujian pasti akan kita temukan baik berupa kesenangan atau kepedihan.
Jazakumullahu khoiron katsiro.
Budi Wahyudi

Tidak ada komentar: